Tugas 4 mata kuliah media pembelajaran
VCD adalah
bahan atau perangkat keras berisi pesan atau informasi yang digunakan dalam
kegiatan belajar mengajar dengan maksud menyampaikan pesan atau informasi pembelajaran
dari sumber (guru atau sumber lain) kepada penerima dalam hal ini peserta didik
atau siswa yang disajikan dengan menggunakan pembaca (player) VCD (Video
Compact Disc).
Jenis video
menurut Ibrahim dibedakan menjadi dua kelompok yaitu :
1. Video
pengajaran yaitu video yang dirancang dan dihasilkan untuk tujuan pengajaran
dan pembelajaran.
2. Video sumber
yaitu video apa saja yang berunsur pendidikan yang dieksploitasi secara
sistematik untuk mencapai tujuan pendidikan.
Karakteristik
yang dimaksud di sini adalah sesuai yang dikemukakan Soelarko dalam bukunya
Audio Visual (Media Komunikasi Ilmiah Pendidikan Penerangan) Yaitu :
1. Dapat
langsung dipancarkan sekaligus dapat di rekam.
2. Dalam
penyajian program tidak perlu waktu yang lama setelah proses direkam.
3. Mudah diedit
(dipilih gambar adegan tertentu disesuaikan dengan keinginan).
Sedangkan ciri khas lain dari media
VCD pembelajaran sebagai media yang dapat untuk memperlihatkan contoh-contoh
sesuai dengan teori atau pengertian dimana dengan alat ini materi yang
disampaikan dapat digambarkan melalui visual atau gambar nyata, pembelajaran
visual memberikan tekanan pada pengalaman konkrit atau non verbal dalam proses
belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar